Ketua MA Membuka Diklat Cakim Angkatan V

MEGA MENDUNG, litbangdiklatkumdil.net – Selasa (4/5) Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Angkatan V Tahun 2010 dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Pusdiklat Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Mega Mendung, Bogor – Jawa Barat.

Didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial, Abdul Kadir Mappong, SH., MH dan Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non Yudisial Drs. H. Ahmad Kamil, SH., M.Hum. Ketua Mahkamah Agung, DR. H. Harifin A. Tumpa, SH., MH, resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Angkatan V dengan penyematan tanda peserta bagi 3 orang perwakilan calon hakim dari masing-masing lingkungan Peradilan.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Mahkamah Agung mengatakan bahwa Calon Hakim adalah aset bagi Mahkamah Agung karena merupakan generasi penerus bagi kelangsungan lembaga peradilan. Ditangan mereka ditentukan baik dan buruknya lembaga peradilan ini.  Untuk itu, Ketua Mahkamah Agung menghimbau agar dalam pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan ini, para Calon Hakim senantiasa mengikuti semua petunjuk, arahan, pengetahuan yang akan diberikan oleh para narasumber dan panitia. Dengan begitu para Calon Hakim memiliki modal dasar untuk melaksanakan tugas-tugas peradilan di masa yang akan datang.

Pendidikan dan Pelatihan yang berlangsung selama 3 bulan ini, dilaksanakan mulai tanggal 3 Mei 2010 sampai dengan 1 Agustus 2010. Diikuiti sebanyak 263 orang Calon Hakim yang terdiri dari Peradilan Umum sebanyak 145 orang, Peradilan Agama sebanyak 101 orang dan Peradilan TUN sebanyak 17 orang.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana – IG Agung Sumanatha, SH., tujuan Pendidikan dan Pelatihan ini adalah untuk menumbuhkan 3 pilar kualitas SDM – Peradilan di Indonesia yaitu Kepribadian, Integritas dan Kemampuan. Dan berdasarkan ketiga hal itu maka materi Pendidikan dan Pelatihan ini akan diisi meliputi ceramah dan diskusi, dengan komposisi 30 % ceramah dan 70 % diskusi serta membekali ketrampilan aplikasi dan simulasi persidangan dan ditambah dengan kegiatan ESQ, Outbond dan PBB.

Untuk keperluan pembinaan karier maka akhir pendidikan dan pelatihan ini diadakan penilaian evaluasi terhadap peserta yang meliputi aspek disiplin, penguasaan materi  dan analisa, sikap akademis dan sikap perilaku.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer & TUN, Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI serta para Pejabat Srtuktural maupun Funsional Badan Litbang Diklat Kumdil. (AT1970)

2 Tanggapan

  1. Angkatan IV memang istimewa..

  2. Kok udah ngga ada cakim militer lagi ya…
    Hmmmm….

Tinggalkan komentar